Minggu, 25 Maret 2012

Peta Ekonomi Indonesia

Peta Ekonomi Indonesia


1.Letak geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Menurut letak geografisnya Indonesia terletak diantara dua benua, yakni Asia dan Australia, dan diantara dua samudra, yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik.

Indonesia memiliki sekitar 17.504 pulau, dan sekitar 6000 diantaranya tidak berpenghuni tetap, atau menyebar sekitar khatulistiwa. Pulau terpadat penduduknya yaitu pulau Jawa, jumlahnya sekitar 65% populasi Indonesia. 5 pulau besar di Indonesia: Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya.
Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 diantaranya gunung berapi aktif. Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.
Ada 2 musim di Indonesia yaitu musim hujan dan kemarau. Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 mm setahun, namun juga sangat bervariasi

Indonesia juga mempunyai sumber pertambangan yang sangat berharga, yaitu minyak gas alam, batu bara, timah, tembaga, dan lain-lain.

2. Mata pencaharian masyarakat Indonesia beragam karena letak geografis dan letak ketinggian itu berbeda. Ada yang bermatapencaharian di bidang pertanian, pertenakan, perkebunan dan perikanan. Dan yang hidup di kota berkerja di kantoran.
Perbedaan mata pencaharian antara di kota dengan di desa, dilihat dari lingkungan lahan di pedesaan sebagian besar digunakan untuk pertanian, sedangkan dikota sudah tidak ada lahan yang digunakan untuk penghijauan. Lahan-lahan di perkotaan banyak digunakan untuk pembangunan gedung-gedung bertingkat, perumahan elit, dan mall-mall besar. Hal ini, dikarenakan daerah perkotaan telah mengalami pengaruh globalisasi yang menyebabkan tingkat perekonomian di kota juga meningkat.

3. Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.
Tiga masalah pokok yang dihadapi Indonesia dalam sumber daya manusia sebagai berikut :
  1. Pertumbuhan yang cukup tinggi , ditandai dengan besarnya jumlah penduduk
  2. Penyebaran yang kurang merata
  3. Kurang seimbangnya struktur umur penduduk , yang ditandai dengan besarnya jumlah penduduk berusia muda serta mutu /kualitas penduduk yang relatif rendah
Berikut yang terkait dengan sumber daya manusia:
  • Laju pertumbuhan penduduk: Jumlah penduduk setiap saat dapat bertambah ataupun berkurang, dan bisa juga tetap. Faktor yang mempengaruhi bertambahnya jumlah penduduk yaitu: a. faktor alami (natural increase), yaitu kelahiran dan kematian: b. faktor sosial (social increase).
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk tiap-tiap daerah atau negara sebagai berikut:
1. Faktor Fisiografis
2. Faktor Biologis
3. Faktor Kebudayaan dan Teknologi
  • Angkatan kerja
    Adalah penduduk usia produktif yang berusia 15-64 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.
  • Sistem pendidikan

4. Investasi, yaitu penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar